Pages

Rabu, 30 Desember 2009

Pembuatan modelling kura-kura menggunakan 3ds max

Cara pembuatan modelling kura-kura menggunakan 3ds max

1. Modeling cangkang kura-kura

Tahap pertama yang anda lakukan adalah melakukan modeling cangkang kura-kura, yang didasari dari objek Geosphere.

  1. Buka aplikasi 3ds max.

  2. Klik tab Create, lalu klik Geometry setelah itu klik Geosphere.

  3. Pada front viewport buatlah Geosphere dengan ukuran sembarang.

  4. Klik tab modify, aktifkan Hemisphere, kemudian beri nilai Radius=20, dan segment=1. Aktifkan Icosa.

  5. Klik kanan pada objek Geosphere, kemudian anda konversikan objek menjadi editable poly.

  6. Klik tombol window/crossing hingga menjadi berubah.

  7. Aktifkan polygon, kemudian pada left viewport klik dan drag pada bagian depan cangkang tersebut.

  8. Klik kotak kecil pada bevel. Pada kotak dialog bevel polygon anda beri nilai height=10 dan outline amount=-5, setelah itu anda klik ok.

  9. Klik kanan pada objek geosphere, setelah itu pilih cut.

  10. Pada prespective viewport, anda bentuk lubang untuk kepala dari kura-kura.

  11. Atur posisi menggunakan arc rotate, setelah itu klik cut untuk membuat lubang untuk ekor.

  12. Klik tombol select objek, setelah itu plih beberapa polygon secara bersamaan pada area yang telah di pilih sebelumnya. Untuk memilih bersamaan beberapa polygon klik langsung dan sambil menekan CTRL pada keyboard.

  13. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height=0.5 outline amount= -0.5 kemudian apply.

  14. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height=0. kemudian apply.

  15. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= -2 outline amount= 0.5 kemudian apply setelah itu klik ok. Tekan tombol DELETE pada keyboard.

  16. Pastikan tombol polygon masih dalam keeadaan aktif. Pada prespective viewport buat lubang untuk tangan dan kaki.

  17. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height=0.5 outline amount= -0.5 kemudian apply.

  18. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height=0 kemudian apply.

  19. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= -2 outline amount= 0.5 kemudian apply.

  20. Pastikan objek geosphere masih dalam keadaan aktif. Buka combo modifier list kemudian klik mesh smooth.

  21. Buka combo modifier listkembali, kemudian anda klik shell.

  22. Pada rollout parameters buka outer amount menjadi = 0.

  23. Buka combo modifier list kemudian klik edit poly.

  24. Aktifkan polygon, setelah itu anda beri cek pada ignore backfacing.

  25. Pada prespective viewport klik vertex-verteks tertentu yang berada pada cangkang untuk membuat lubang untuk kepala.

  26. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= 1.5 outline amount= -1.5 kemudian klik ok.

  27. Aktifkan polygon klik area-area yang telah dipilih sebelumnya.

  28. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= 1.5 outline amount= -1.5 kemudian apply.

  29. Pastikan objek geosphere masih dalan keadaan aktif. Buka combo modifier list, kemudian klik mesh smooth.

  30. Simpan sementara hasil yang telah dibuat.




2. Modeling tubuh kura-kura.

Berikutnya membuat modeling tubuh turtle. Dimana objek ini dibuat dengan dasar objek box. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  1. Klik kanan objek cangkang yang telah di buat, setelah itu klik hide selection.

  2. Buatlah objek box pada top viewport dengan ukuran sembarang.

  3. Klik tab modify, setelah itu beri nilai length = 12, width = 25, height = 30, legth segs = 2, width segs = 4 dan height = 3.

  4. Konversikan objek box, caranya klik kanan pada objek box, kemudian convert to I convert to editable poly.

  5. Aktifkan vertex kemudian pada left viewport klik vertex kedua dan ketiga yang berada pada sisi kiri.

  6. Klik kanan select and move dalam group off:screen, beri nilai pada x = -3, tekan enter, klik close.

  7. Klik dan tahan pada select and uniform scale lalu arahkan pointer anda pada select and non-uniform scale.

  8. Aktifkan vertex kemudian pada front viewport, klik vertex-vertek yang berada pada baris kedua dan ketiga.

  9. Klik kanan select and non-unform scale. Dalam grup offset:screen, beri nilai pada x = 130 , tekan enter klik close.

  10. Aktifkan polygon setelah itu klik vertex yang berada pada sisi sebelah kanan kemudian tekan delete.

  11. Aktifkan vertex setelah itu klik 2 verteks yang berada pada ujung sebelah kiri atas.

  12. Klik kanan select and move dalam group off:screen, beri nilai pada x = 2.5 dan y = -2.5 , tekan enter, klik close.

  13. Pastikan objek box masih dalam keadaan aktif. Buka combo modifier list, kemudian klik mesh smooth.

  14. Klik kanan pada objek box, kemudian pilih convert to I convert to editable poly.

  15. Kliki kanan pada ruang kosong viewport , kemudian unhide all.

  16. Atur posisi kedua objek menggunakan select and move.

  17. Klik kanan pada objek box01, lalu klik cut.

  18. Buat penyeleksian melingkar menggunakan cut untuk di extrude menjadi lengan turtle.

  19. Aktifkan polygon setelah itu klik di wilayah yang telah dibatasi menggunakan cut.

  20. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= 8 outline amount= -1 kemudian apply.

  21. Beri nilai outer amount = 0 klik ok.

  22. Buat penyeleksian berbentuk melingkar pada objek untuk membuat kaki turtle dengan menggunakan cut.

  23. Aktifkan polygon kemudian klik di wilayah yang telah dibatasi menggunakan cut.

  24. Klik kotak kecil extrude, setelah itu anda beri nilai extrusion height= 7kemudian apply.

  25. Masih pada kotak dialog extrude polygons ubah nilai extrusion height = 4.

  26. Pastikan viewport yang aktif masih dip respective viewport. Klik kanan pada select and rotate.

  27. Pada kotak dialog rotate transform type-in, beri nilai y = -35 dan z = 15.

  28. Pada kotak dialog extrude polygon klik apply. Pada kotak dialog rotate transfom type-in, beri nilai y = -30 dan z = 15.

  29. Klik apply, lalu pada kotak dialog rotate transform type-in beri nilai x = -20

  30. Pada kotak dialog extrude polygon klik apply lalu klik ok.

  31. Beri nilai x = -20. Tekan enter keyboard, lalu tutup kotak dialog rotate transform type-in.

  32. Klik pada polygon untuk menonaktifkan tombol.

  33. Klik tombol mirror. Pada jendela mirror : word coordinates. Anda aktifkan copy kemudian klik ok.

  34. Untuk sementara sembunyikan objek cangkang dengan perintah klik kanan objek dan pilih hide selection.

  35. Klik tombol select by name. pilih objek box01 kemudian klik tombol select.

  36. Buak rollout edit geometry, kemudian klik jotak kecil attach.

  37. Setelah tampil kotak dialog attach list, klik ganda pada box02.

  38. Aktifkan vertex kemudian pada frony viewport, seleksi vertex bagian tengah.

  39. Klik kotak kecil baris weld. Setelah tampil kotak dialog weld vertices, klik ok.

  40. Pastikan objek box01 masih dalam keadaan terpilih. Aktifkan cut, kemudian buat seleksi mengikuti pola dari cangkang untuk membuat bagian ekor.

  41. Aktifkan polygon setelah itu klik di wilayah yang telah di batasi dengan cut.

  42. Klik kotak kecil bevel, setelah itu anda beri nilai height= 1 outline amount= -0.07 kemudian apply.

  43. Pastikan viewport yang aktif adalah perspective viewport. Klik kanan select and rotate dan beri nilai x = 25.

  44. beri nilai height= 2 outline amount= -0.2 kemudian apply.

  45. Ubahlah nilai height= 3 outline amount= 0 kemudian apply.

  46. Kembali pada kotak dialog rotate transform type-in. pada grup offset : world beri nilai x = -35. Tekan enter kemudian klik close.

  47. Pada kotak dialog bevel polygons, klik tombol ok.

  48. Aktifkan vertex kemudian pada left viewport seleksi beberapa vertex.

  49. Klik kanan pada select and uniform scale ubah nilai %=80.

  50. Masih pada left viewport seleksi kembali beberapa vertex.

  51. Masih pada kotak dialog scale transform type-in ubah nilai % =60, kemudian klik close.

  52. Pastikan objek box01 masih dalam keadaan terpilih. Klik tad create kemudian klik tab modify. Buka combo modifier list lalu klik mesh smooth.

  53. Simpan sementara hasil kerja yang telah dibuat



  1. Modeling kepala kura-kura.


Hasil dari modifikasi objek sphere. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Tekan ctrl+A pada keyboard untuk melakukan perintah select all. Kemudian klik kanan lalu pilih hide selection.

  2. Buat objek sphere pada top viewport dengan ukuran sembarang kemudian klik tab modify.

  3. Dalam rollout parameters, beri nilai radius = 10 dan segments = 14.

  4. Pastikan objek sphere masih dalam keadaan terpilih. Buak combo modifier list lalu klik FFD (box).

  5. Klik tulisan FFD (box) 4x4x4, hingga tulisan berlatar kuning untuk mengaktifkan control points.

  6. Setelah itu atur sedemikian rupa vertex-verteks yang ada di dalam objek sphere tersebut sehingga akan memmbentuk sebuah objek kepala.

  7. Klik tab create , kemudian klik tab modify. Buak combo modifier list lalu klik meshsmooth.

  8. Dan setelah itu atur posisi kepala kemudian satukan dengan tubuh dan cangkang yang telah dibuat, untuk menyatukannya gunakan perintah group.



4. Proses render:

  1. Aktifkan viewport yang akan di render.

  2. Klik rendering, kemudiah pilih render.

  3. Setelah itu aktifkan save file, klik files

  4. Beri nama objek yang akan di render tersebut. Pilih save

  5. Ikuti default pada 3ds max yang telah tersedia, klik render.

  6. hasil akhir dari proses render akan di simpan di dalam folder render output.

1 komentar:

Danu Laksono Online mengatakan...

Tutornya enak dibaca, sayang gambarnya mana ya? Pepatah bilang... Gambar dapat menyampaikan sejuta makna.. :-)

Posting Komentar